JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meresmikan lima proyek di ibu kota provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Timur, pada 29 Februari-1 Maret 2024. Menurut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Eric Tohir, BUMN telah membangun beberapa kantor perwakilan di IKN, kantor jaringan komunikasi, dan meresmikan pabrik amonium nitrat PT Kaltim Amonium Nitrat (KAN) di Bontang, Kalimantan Timur.

"Pabrik amonium nitrat PT Kaltim Amonium Nitrat di Bontang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo," kata Eric dalam keterangannya di Jakarta, Jumat. Rangkaian kunjungan dua proyek ini diawali dengan peresmian PT KAN. Pabrik ini memiliki kapasitas produksi 75.000 ton per tahun amonium nitrat dan 60.000 ton per tahun asam nitrat. Pabrik ini sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan bahan peledak dan pupuk nasional serta memperkuat hilirisasi. Selain itu, Bapak Eric Tohir dan Presiden Joko Widodo juga telah mengumumkan bahwa PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) (BNI), juga mengadakan upacara peletakan batu pertama untuk tiga bank BUMN.

BRI membangun BRI International Microfinance Centre di IKN di atas lahan seluas 13.000 m2. Bangunan ini kemudian terdiri dari Kantor BRI Nusantara, Galeri Keuangan Mikro BRI dan BRI Community Hub. Selanjutnya, Bank Mandiri mengadakan upacara peletakan batu pertamauntuk Mandiri Digital Services Cabang IKN, sebuah konsep bangunan hijau berbasis digital yang terletak di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di Kawasan Ibukota Nusantara.

Eric mengatakan: "Bank Mandiri telah memulai pembangunan gedung layanan digitaldi IKN. Ini akan menjadi pionir solusi keuangan satu atap. Gedung ini juga memiliki konsep ramah lingkungan.

"Selain Bank Mandiri, pembangunan BRI International Microfinance Centre telah dimulai. Ini merupakan komitmen BRI untuk memperkuat infrastruktur ekonomi dengan fokus pada UMKM dan ultramikro."

Sementara itu, BNI telah membangun Gedung BNI di pusat keuangan mini IKN. Gedung ini memiliki desain yang futuristik namun ramah lingkungan yang mengedepankan layanan perbankan berbasis digital. Selain itu, Kementerian BUMN juga membangun Telkom Smart Office (TSO) di IKN. Fasilitas ini akan menjadi pusat infrastruktur dan layanan digital di IKN.

"Ini merupakan komitmen BUMN untuk mendukung percepatan digitalisasi dan menjadikan nusantara sebagai ibu kota kelas dunia untuk semua.