JAKARTA - Polda Metro Jaya mengerahkan sebanyak 2.025 personel untuk melakukan pengamanan konser penyanyi asal Inggris, Ed Sheeran, di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Sabtu (2/5) mulai pukul 19.00 WIB.

"2.025 personil keamanan dikerahkan dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Utara, TNI, dan Pemprov DKI," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi dalam sebuah dokumen di Jakarta. Ade Ary juga mengatakan bahwa dalam hal ini, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan.

"Pengaturan lalu lintas dilakukan secara situasional, bekerja sama dengan pihak-pihak terkait," katanya. Ade Ali juga mengimbau masyarakat, khususnya para penonton konser, untuk menaati peraturan yang ada. "Mari kita imbau masyarakat untuk menggunakan angkutan umum saat menghadiri konser demi terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcar lantas)," jelasnya. Sebelumnya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar JIS sehubungan dengan adanya konser musik di JIS. "Manajemen dan rekayasa lalu lintas akan dilakukan selama konser musik berlangsung. Jenis kendaraan yang diperbolehkan melintas antara lain angkutan panitia, angkutan umum, warga dan shuttle bus," ujar Syafrin Liputo, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Syafrin menjelaskan bahwa penutupan terbatas akan diberlakukan di tiga lokasi mulai pukul 12.00 WIB hingga 24.00 WIB. Yakni, perlintasan sebidang Jalan Sunter Permai Raya-Jalan RE Martadinata, perlintasan sebidang Jalan Sunter Permai Raya-Jalan Bisma Raya, dan perlintasan sebidang Jalan Danau Sunter Barat-Jalan Danau Sunter Penyeberangan Jalan Danau Sunter Barat-Jalan Danau Sunter Utara.