JAKARTA - Perusahaan Umum (Perum) Damri menggelar Rapat Kerja (raker) 2024 untuk merumuskan strategi dan langkah yang lebih progresif dan inovatif dalam rangka meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. Raker yang berlangsung pada 5-7 Maret 2024 di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, ini mengambil tema "Sinergi untuk Memperkuat Infrastruktur Internal". Agenda yang dihadiri oleh pejabat pengawas, direksi dan manajemen dari Damri di seluruh Indonesia ini juga bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan dan realisasi target operasional selama tahun 2023. Dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, Direktur Utama Perum Damri Christian R M Pohan mengatakan diskusi yang konstruktif dan kolaboratif dalam raker ini penting untuk merumuskan langkah-langkah strategis yang akan dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan angkutan umum. Rangkaian kegiatan Raker diisi dengan pemaparan materi program kerja dari biro-biro dengan pendalaman terhadap program-program yang disampaikan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh para pemangku kepentingan.

Damri berharap melalui raker 2024 ini, menjadi momen bagi perusahaan untuk lebih meningkatkan semangat kerja dan inovasi dalam mencapai visi dan misi perusahaan. Di sisi lain, agenda ini juga menjadi kesempatan untuk memperkuat sinergi antara jajaran manajemen dengan seluruh pemangku kepentingan Damri. "Kolaborasi yang erat dan komunikasi yang terbuka merupakan fondasi utama dalam mencapai visi dan misi Damri untuk menjadi perusahaan angkutan jalan yang berperan aktif dalam mobilitas masyarakat," ujar Pohan.

Pertemuan tersebut juga menyoroti beberapa pencapaian Damri di tahun 2023. Pertama, terbitnya Peraturan Pemerintah No. 30 Tahun 2023 oleh Presiden Joko Widodo tentang penggabungan Perm PPD ke dalam Perm Damri pada 6 Juni 2023. Pencapaian ini merupakan tonggak penting dan bersejarah bagi manajemen BUMN transportasi jalan raya ini dalam memperkuat cakupan dan memperluas jaringan usahanya. Kedua, Damri melakukan peremajaan armada angkutan Bandara Soekarno-Hatta yang berlaku mulai 1 Desember 2023. Sebanyak 98 armada berukuran sedang dikerahkan, berkapasitas 19 penumpang dan dilengkapi dengan tempat pengisian daya, rak bagasi, dan tempat duduk yang nyaman. Ketiga, pada tanggal 14 Desember 2023,Damri meluncurkan produk baru yang dinamakan Imperial Suite. Bus ini merupakan kelanjutan dari konsep bus tingkat, dengan 6tempat tidurdi dek bawah dan 30kursi Royal Classdi dek atas.

Keempat, Damri mengoperasikan 26 bus listrik pada tanggal 22 Desember 2023, memenuhi target PT Transpontasi Jakarta (TransJakarta) pada tahun 2023 untuk mengoperasikan 100 bus listrik.