PADANG - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyambut baik terobosan anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade yang mendirikan sekolah sepak bola untuk mencetak atlet masa depan.

"Kami mengucapkan selamat atas lahirnya Akademi Rosiade Football Club yang bertujuan untuk mencetak bibit-bibit unggul di masa depan," kata Presiden PSSI Eric Tohir di Padang, Rabu.

Eric mengapresiasi akademi sepak bola di Padang ini akan membantu menyuplai pemain-pemain berkualitas dan menjanjikan untuk klub-klub sepak bola, terutama Semen Padang FC yang akan bermain di Ligue 1 musim depan.

Menurutnya, kehadiran akademi sepak bola tersebut sangat positif dalam mengembangkan bakat-bakat olahraga dari berbagai pelosok negeri.

Eric mengapresiasi langkah Andre yang mendirikan akademi sepak bola untuk melatih anak-anak sejak usia lima tahun.



Eric kemudian mencontohkan hal serupa di Jepang, di mana akademi sepak bola di Negeri Sakura itu sudah mulai melatih calon pesepak bola sejak usia tujuh tahun.

Andre Rosiard sendiri mengatakan bahwa sekolah sepak bolanya melatih anak-anak berusia antara 5 dan 15 tahun.

"Akademi atau sekolah sepak bola ini gratis," kata Andre.

Andre mengungkapkan bahwa tujuan didirikannya sekolah sepakbola ini adalah sebagai bentuk kontribusi untuk kemajuan sepakbola di Sumatera Barat.

Demi melahirkan dan mengembangkan pesepakbola masa depan, Akademi Russiad Football Club akan diasuh langsung oleh pelatih yang memiliki lisensi A dari Konfederasi Sepakbola Asia (AFC).