JAKARTA - Nurul Arifin, Wakil Ketua Umum Partai Golkar, mengatakan bahwa ia bersyukur bahwa Golkar berhasil meraih dua kursi di daerah pemilihan pertama Jawa Barat, yang meliputi kota Bandung dan Cimahi.

Anggota DPR RI ini juga mengungkapkan rasa syukurnya karena terpilih kembali menjadi anggota DPR RI dari Dapil Jabar I.

"Saya bersyukur bisa terpilih kembali menjadi anggota DPR RI dari daerah pemilihan ini. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung saya selama ini," ujar Nurul dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Caleg DPR RI Partai Golkar nomor urut 1 ini juga menegaskan bahwa hasil Pileg DPR RI periode 2024-2029 merupakan amanah dari rakyat dan akan ia jalankan dengan sepenuh hati.

"Ini juga menjadi tantangan bagi saya untuk meneruskan amanah dan harapan rakyat.

Nurul mengucapkan terima kasih kepada para relawan dan kader Partai Golkar yang telah membantu mewujudkan hasil tersebut.

"Tanpa kerja sama mereka, kemenangan ini tidak akan mungkin terjadi," katanya."

Sementara itu, Nurul berharap pemilu 2024, yang ia yakini akan berlangsung damai, akan menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat.

Menurut data yang diterima, perolehan suara Partai Golkar di Dapil Jabar I sebesar 366.052 suara. Perolehan suara tersebut terdiri dari 300.401 suara di Kota Bandung dan 65.651 suara di Kota Cimahi.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, pemilihan anggota DPR RI, pemilihan anggota DPD RI, pemilihan anggota DPRD provinsi, dan pemilihan anggota DPRD kabupaten dan kota, dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat nasional sebesar 204.807.222 jiwa.

Delapan belas partai nasional berpartisipasi dalam pemilu legislatif. Yaitu (berdasarkan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, dan Partai Gerola Indonesia.

Berikutnya adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Umat.

Selain itu, enam partai daerah juga berpartisipasi dalam pemilu legislatif, yaitu Partai Nangroe Aceh, Partai Generasi Beusabo Tato dan Takwa Aceh, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Aceh Adil dan Makmur, dan Partai Solidaritas Independen Rakyat Aceh.

Pada saat yang sama, pemilihan presiden dan wakil presiden 2024 diselenggarakan pada hari Rabu 14 Februari 2024, dengan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebagai kandidat pertama, Prabowo Subianto-Jibran Rakabumin Laka sebagai kandidat kedua, dan Ganjar Mahmud Mudo terpilih sebagai kandidat ketiga.

Menurut Peraturan KPU No. 3 tahun 2022, penghitungan ulang referendum untuk pemilu 2024 dijadwalkan pada 15 Februari-20 Maret 2024.