Subang - Pengelola jalan tol Cikopo-Palimanan, Astra Infra Toll Road Cipali, menyiapkan sejumlah titik siaga untuk mendukung rekayasa lalu lintas arus balik saat libur panjang Hari Raya Nyepi dan awal Ramadhan. Sri Mulyo, Manajer Bisnis Astra Infra Toll Road Cipali atau Astra Tol Cipali, di Subang, Sabtu, mengatakan pihaknya akan berada di daerah itu mulai Jumat (3 Agustus) hingga Selasa (3 September). Ia mengatakan pihaknya memperkirakan 272.000 kendaraan akan melintasi tol Cipali selama periode libur panjang akhir pekan mulai Jumat (3 Agustus) hingga Selasa (3 Desember). Lalu lintas kumulatif selama musim liburan Hari Raya Nyepi dan awal Ramadhan meningkat 26,45% dibandingkan dengan lalu lintas harian normal. "Puncak trafik libur panjang ini diperkirakan akan terjadi pada hari Minggu (3 Okt), dengan peningkatan hingga 33,72% dibandingkan trafik harian normal.

Ia mengatakan bahwa untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas pada momentum long weekend ini, pihak ASTRA Tol Cipali telah menyiapkan manajemen lalu lintas berupa contraflow. Namun, penerapannya akan disesuaikan dengan situasi dan volume lalu lintas serta dikoordinasikan dengan pihak kepolisian.

Tol ASTRA Cipari telah menyiapkan sejumlah titik tunggu untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas selama liburan.

Titik tunggu adalah titik-titik di mana rekayasa lalu lintas lawan arah diberlakukan, yaitu di KM 86, KM 130, dan KM 153+200.

Petugas Astra Tol Cipali juga telah menyiapkan perlengkapan infrastruktur berupa 3.000 rubber cone untuk mendukung pemberlakuan contraflow.

Sri Muljo mengimbau para pengendara untuk memeriksa kondisi dan kelaikan fisik kendaraannya sebelum berkendara.

Dia juga menyatakan bahwa pengemudi harus mematuhi rambu-rambu lalu lintas dengan kecepatan minimum 60 km/jam dan maksimum 100 km/jam.

Sementara itu, batas kecepatan maksimum dalam cuaca basah adalah 70 km/jam.