Jakarta - Pemerintah Indonesia menargetkan sebanyak 1,5 juta wisatawan Tiongkok berkunjung ke Indonesia tahun ini, meningkat dua kali lipat dari realisasi 788 ribu kunjungan pada tahun lalu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS)

"Penerbangan internasional ke Indonesia merupakan kunci untuk meningkat, terutama dengan banyaknya maskapai penerbangan di Tiongkok Daratan dan Macau SAR yang melanjutkan penerbangan langsung ke Indonesia pada tahun 2023-2024," kata Adila Charman, Kepala Pemasaran Pariwisata Asia Timur, Departemen Pemasaran Regional, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, perusahaan jasa perusahaan jasa perjalanan China, Tongcheng, dalam sebuah seminar baru-baru ini di Jakarta.

Maskapai penerbangan yang telah membuka kembali rute penerbangan langsung sejak tahun lalu antara lain China Eastern, China Southern, Xiamen Airlines, Air Macau, dan Junyao Airlines.

Dengan demikian, total ada 12 maskapai penerbangan yang mengoperasikan penerbangan langsung dari dan ke Tiongkok tahun ini, dengan total lebih dari 1 juta kursi.

Penerbangan menghubungkan 14 kota di Tiongkok dengan beberapa kota di Indonesia, termasuk Jakarta, Bali, dan Manado.

Strategi lain untuk menarik lebih banyak wisatawan Tiongkok termasuk berpartisipasi dalam beberapa pameran seperti Macau International Travel Expo, menyelenggarakan program misi pemasaran di Tiongkok, menyelenggarakan perjalanan pengenalan untuk pasar Tiongkok, kerja sama promosi dengan operator tur dan agen Ini termasuk.

Pemerintah juga akan mempromosikan segmen pariwisata yang lebih populer seperti wisata keluarga dan bulan madu. Selain itu, paket-paket liburan mewah ke lima destinasi wisata prioritas Pemerintah, terutama Labuan Bajo, Borobudur, Danau Toba, Mandarika, dan Likpan, juga menjadi prioritas promosi.

"Kami berharap dapat menarik lebih banyak pasar Tiongkok ke Indonesia tahun ini, terutama ke lima destinasi super prioritas," kata Adila.

Jumlah wisatawan Tiongkok yang berkunjung ke Indonesia berangsur-angsur pulih setelah dampak pandemi: pada tahun 2023, jumlah wisatawan Tiongkok yang berkunjung ke Indonesia mencapai 788.000 orang, lebih dari empat kali lipat dibandingkan tahun 2022, dan negara asal wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia 5 teratas. Mayoritas dari kunjungan ini adalah ke Jakarta dan Bali, yang mencapai tiga perempat dari total kunjungan. Durasi rata-rata perjalanan wisatawan Tiongkok juga merupakan salah satu yang terpanjang dibandingkan dengan negara lain.