Kano, Nigeria - Pemerintah Nigeria mengumumkan pada hari Minggu (24) bahwa tentara telah menyelamatkan 137 murid yang diculik dari sebuah sekolah di Kuliga, Negara Bagian Kaduna, pada awal bulan ini. Dalam sebuah pernyataan kepada Anadolu, juru bicara Angkatan Darat Nigeria Edward Buba mengatakan bahwa para korban diselamatkan oleh tentara pada pagi hari ini dengan dukungan dari otoritas lokal dan pemerintah di Negara Bagian Zamfara.
Dia menambahkan bahwa jumlah korban yang berhasil diselamatkan adalah 137 orang, termasuk 76 wanita dan 61 pria, yang akan diserahkan kepada pemerintah negara bagian.

Namun, 286 siswa dan satu orang staf pada awalnya dikatakan telah diculik pada tanggal 7 Maret.

Militan Kaduna kemudian menuntut pembebasan mereka dalam waktu 20 hari, dengan tuntutan total satu miliar naira.

Gubernur Uba Sani dari Negara Bagian Kaduna juga mengkonfirmasi bahwa anak-anak sekolah Kuliga telah dibebaskan.

Dia mengapresiasi upaya Presiden Nigeria Bola Ahmed Tinubu dan Penasihat Keamanan Nasional Nuhu Ribadu dalam mengkoordinasikan operasi keamanan, yang akhirnya membuahkan hasil.

Sani mengatakan bahwa Angkatan Darat Nigeria juga layak mendapatkan penghargaan khusus karena menunjukkan bahwa dengan keberanian, tekad, dan komitmen, elemen-elemen kriminal dapat diberantas dan keamanan dapat dipulihkan.

Penculikan murid dari sekolah merupakan hal yang biasa terjadi di Nigeria, dengan penculikan pertama kali terhadap 276 murid dari sekolah perempuan di Chibok, Negara Bagian Borno, timur laut, oleh kelompok bersenjata Boko Haram pada tahun 2014.




: Anadolu 24