JAKARTA - Perumda PAM Jaya meminimalisir gangguan layanan pelanggan air bersih akibat kebocoran pipa transmisi air baku milik Perum Jasa Tirta (PJT) II pada 1 April 2024 pukul 17.00 WIB dengan melakukan bantuan suplai menggunakan mobil tangki. Arief Nasrudin, Direktur Utama Perumda PAM Jaya, di Jakarta, Jumat, mengatakan gangguan pasokan air tersebut berdampak pada pelanggan PAM Jaya di 84 kelurahan di Jakarta.

Arief mengatakan pekerjaan perbaikan kebocoran diperkirakan akan memakan waktu lima hari dari tanggal 4-8 April 2024 karena lokasi pipa di Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur, dekat dengan jalur transmisi PLN. PAM Jaya juga terus berkoordinasi dengan Perum Jasa Tirta (PJT) II untuk memastikan proses perbaikan dilakukan lebih cepat. Bagi para pengurus RW di wilayah yang terdampak dapat menghubungi contact center 24 jam "Lapor PAM" di nomor 1500223.

"Mengingat kompleksitas pekerjaan yang diperlukan, PAM Jaya berkoordinasi secara intensif dengan PJT II untuk mengatasi dampak kebocoran pipa air baku tersebut agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih cepat," kata Arif. Syahrul Hasan, Direktur Pelayanan Perumda PAM Jaya, mengatakan bahwa pihaknya juga telah menyiagakan dukungan suplai air bersih melalui mobil tangki untuk fasilitas umum seperti rumah sakit, tempat ibadah dan yayasan sosial. Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) juga bersedia untuk membatasi penggunaan air untuk sementara waktu. Bantuan sementara dalam bentuk tangki air telah diberikan kepada pelanggan PAM Jaya lainnya yang membutuhkan.