Bandung Barat - Kemacetan mulai terjadi di hari kedua jalur wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis, atau H+2 Lebaran 2024. Menurut pantauan wartawan, kemacetan yang terjadi sejak pagi hari itu, beberapa titik di sepanjang jalur Bandung-Subang, yakni Terminal Ledeng, kemudian pintu masuk Hotel Grand Hani, Great Asia Afrika dan Farm House, dari Mini Mania hingga Simpang Betrix, Pertigaan Jalan Grand Hotel, dan kawasan Pasar Panorama.

Kemacetan disebabkan oleh jalan yang kurang lebar, pintu masuk dan keluar pom bensin, pintu masuk ke tempat wisata dan tempat makan dan istirahat, serta banyak jalan yang melintas ke kawasan pemukiman penduduk.

Petugas kepolisian, Dinas Lalu Lintas Kabupaten Bandung Barat dan pemangku kepentingan terkait mengatur arus dengan mengatur lalu lintas di titik-titik tersebut dan membuat pembatas di titik-titik kemacetan untuk memisahkan arus lalu lintas ke arah Lembang dan ke arah Kota Bandung.

Pada titik-titik kemacetan tersebut, kendaraan roda empat diperkirakan hanya dapat melaju dengan kecepatan maksimum 10-15 km/jam karena padatnya konvoi.

Ipda Andriansaya, Kanit Dikyasa Satlantas Polres Cimahi menjelaskan bahwa situasi lalu lintas saat ini tidak terlalu signifikan namun mengalami peningkatan sejak hari H.

"Ya, mungkin 20 persen," kata Andriansaya dari Lembang.

Kepadatan tidak hanya dipengaruhi oleh aktivitas pariwisata yang terkait dengan kedatangan wisatawan, tetapi juga dari aktivitas pelancong lokal ke Cimahi atau Padalaran, atau Bandung melalui Lembang dan Palompong.

"Ada juga pemudik lokal yang saling berkunjung untuk silaturahmi Lebaran. Ada yang warga Lembang, ada juga yang dari Bandung atau Cimahi," kata Andri.

Polisi memperkirakan puncak kunjungan wisatawan ke Lembang akan terjadi pada akhir pekan, terutama pada hari Sabtu (13/4). Mereka akan kembali pada hari Minggu (14/4).

"Prediksi kami, kunjungan akan terjadi pada akhir pekan ini, karena kami mulai bekerja kembali pada Selasa (16/4)," kata Andri. Sementara itu, catatan polisi menunjukkan bahwa kunjungan wisatawan ke tempat-tempat wisata di Lembang tidak meningkat secara signifikan atau terlalu ramai: sekitar 1.500 orang ke Great Asia Afrika, sekitar 1.000 pengunjung ke Farm House yang baru, dan sekitar 5.000 pengunjung ke Lembang Park and Zoo. Taman dan Kebun Binatang Lembang.