Jalur wisata Bandung-Lembang, Kabupaten Bandung Barat, terpantau padat pada hari Sabtu dan H+3 Lebaran 2024, meskipun masih berada di ujung antrian kendaraan menuju Kota Bandung.

Pelapor melaporkan bahwa kepadatan kendaraan terjadi sejak pagi hingga siang hari di beberapa titik di sepanjang jalur Bandung-Subang, yaitu di persimpangan Gegerkalong dan Terminal Ledeng Kota Bandung.

Selanjutnya, antrian panjang terjadi di depan pintu masuk Kawasan Wisata Great Asia-Afrika dan Farm House di Bandung Barat, dan mengular di ujung antrian di Hotel Gaia, perempatan Beatrix, Pasar Panorama Lembang, dan perempatan Jalan Raya Bandung di Kota Bandung.

Kemacetan di jalur ini disebabkan oleh jalan yang kurang lebar, pintu masuk ke tempat wisata, tempat makan dan istirahat, pintu masuk dan keluar pom bensin serta banyaknya jalan yang melintasi pemukiman penduduk.

Pada titik-titik kemacetan tersebut, diperkirakan kendaraan roda empat hanya dapat melaju dengan kecepatan maksimal 10-15 km/jam karena padatnya antrian kendaraan.

Petugas kepolisian, Dinas Lalu Lintas Kabupaten Bandung Barat dan pemangku kepentingan terkait telah melakukan pengaturan lalu lintas di titik-titik kemacetan dengan melakukan pengalihan atau pemisahan arus lalu lintas dan memberlakukan sistem buka tutup dan satu arah di beberapa titik, seperti di perempatan Beatrix hingga perempatan Grand Hotel.

Ipda Andriancia, Unit Keamanan dan Keselamatan Divisi Lalu Lintas Kepolisian Chimahi, menjelaskan bahwa sistem buka tutup dan lalu lintas satu arah diberlakukan untuk jangka waktu tertentu untuk mengurangi kemacetan.

"Saat ini, paling lama sekitar 10 menit," katanya.

Dibandingkan dengan hari biasa, ia mengatakan kepadatannya sekitar 10-15 persen, yang tidak hanya dipengaruhi oleh kedatangan wisatawan dan kegiatan pariwisata, tetapi juga dari kegiatan pelancong lokal yang ingin bersilaturahmi ke Cimahi atau Padalaran melalui Lembang, Palompong, atau ke Bandung.

Sebelumnya, pihak kepolisian memperkirakan bahwa puncak kunjungan wisatawan ke Lembang akan terjadi pada akhir pekan ini, khususnya pada hari Sabtu ini, dengan arus balik terjadi pada hari Minggu (14/4). "Prediksi kami, kunjungan akan ramai di akhir pekan ini karena hari Senin mereka sudah mulai bekerja lagi," kata Andri.