Bandung, Jawa Barat - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman mengatakan bahwa pada tahun 2024 Badan Pengelola (BP) Kawasan Metropolitan Cekungan Bandung dan BP Kawasan Metropolitan Lebana diminta untuk fokus pada aspek transportasi dan pelayanan publik. Herman mengatakan bahwa fokusnya adalah pada aspek transportasi, pengelolaan sampah, limbah, persampahan, infrastruktur, pelayanan publik dan manajemen kota pintaruntuk memastikan kedua wilayah tersebut tidak hanya maju tetapi juga berkelanjutan. "Fokus tahun ini di Sekuban dan Lebana, sesuai permintaan Pak Gubernur, terkait transportasi, infrastruktur, pengelolaan sampah dan persampahan yang berkaitan dengan pelayanan dasar yang harus diprioritaskan agar warga mendapatkan pelayanan yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih murah," katanya di Bandung, Jawa Barat, Sabtu. katanya saat dikonfirmasi.
Menurut Herman, hal ini perlu didukung oleh tata kelola dan kelembagaan yang lebih baik.

"Ini harus mengaktifkan tata kelola dan kelembagaan.

Wilayah Lebana meliputi tujuh kabupaten/kota, yaitu Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Kuningan.

Sementara itu, wilayah Chekuban meliputi lima kabupaten, yaitu Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang.

Khusus untuk BP Rebana, Herman menyatakan bahwa para investor sangat berhati-hati dalam perhitungan investasi mereka sehingga membutuhkan penawaran yang menarik, terutama mengingat wilayah Rebana memiliki potensi yang sangat besar,dan Herman diminta untuk mengembangkan investasi yang dapat dipasarkan.

"Rebana memiliki potensi investasi yang sangat keren, tetapi dengan investor harus jelas karena harus diperhitungkan dengan cermat. Oleh karena itu, kami harus bisa memasarkannya dan kami harus mempersiapkan diri dengan baik agar para investor bisa membeli untuk berinvestasi di wilayah Levana." Untuk mencapai hal-hal tersebut, Herman mendesak kedua badan pengelola untuk meningkatkan kinerja mereka karena meskipun mereka telah melakukan tugasnya dengan baik di tahun 2023, tantangan ke depan akan lebih berat dan kompleks. Kemarin saya menerima laporan mengenai apa yang telah, sedang dan akan dilakukan oleh BP Rebana dan BP Cekban. Saya pikir mereka telah melakukan pekerjaan dengan baik, tetapi tantangan ke depan lebih serius dan kompleks. Sejauh ini, kedua badan tersebut telah membuat kemajuan, tetapi masih harus ditingkatkan, kata Herman.

"Saya dulu adalah Sekretaris dan Penjabat Bupati Sumedang, jadi Jatinangor adalah bagian dari Chekuban dan bagian utara Sumedang adalah bagian dari Lebana. Kami membuat kemajuan, tetapi masih ada perbaikan yang harus dilakukan," katanya.