Sukabumi, Jawa Barat - Warga Kampung Cimahi, Sukabumi, Jawa Barat, dikejutkan dengan penemuan dua pucuk senjata api laras panjang yang terkubur di dalam tanah di area tambak milik warga pada hari Selasa.

"Dua pucuk senjata api laras panjang tersebut ditemukan saat warga sedang memperbaiki kolam ikan di RT 02, RW 01, Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat," kata Kepala Kepolisian Sektor Cisaat, Resor Sukabumi Kota AKP Yanto Sudiarto di Sukabumi, Selasa.

Menurut Yanto, kedua senjata laras panjang tersebut merupakan senjata api rakitan jenis pistol bahu merk stand kaliber 9 mm dan 7,92 mm yang kondisinya sudah berlumut dan berkarat.

Selain senjata api, di lokasi yang sama juga ditemukan tiga butir amunisi kaliber 7,92, tiga selongsong peluru kaliber 7,92, dan satu proyektil. Senjata api dan amunisi tersebut saat ini sudah dievakuasi dan dibawa ke Satintelkam Polres Sukabumi Kota.

Belum diketahui identitas pemilik senjata api laras panjang tersebut, namun dilihat dari kondisinya yang sudah usang dan berkarat, senjata api tersebut diduga sudah lama terpendam di dalam tanah di sekitar kolam ikan milik warga.

Sementara itu, penemu senjata api laras panjang tersebut, Asep, warga setempat, mengaku kaget menemukan dua pucuk senjata api laras panjang dan peluru saat sedang merawat tambak dan menggali tanah.

Ia kemudian melaporkan penemuan tersebut kepada pemerintah desa Serrajembe dan polisi Cisat. Tidak lama kemudian, polisi Sisaat dan polisi Koramil tiba di lokasi dan segera mengevakuasi senjata-senjata organik tersebut.