JAKARTA - Satgas Pengolahan COVID-19 mengerahkan 20 mobil dan 60 relawan untuk menyalurkan masker gratis kepada masyarakat di Jawa Barat melalui Mobil Masker movement.It ditujukan untuk meningkatkan kedisiplinan warga dalam penerapan protokol kesehatan.

Seperti dikutip dalam siaran pers pemerintah yang diterima di Jakarta pada Senin siang, pakar Brigjen Imam Pramarno, kepala Satgas Pengolahan COVID-19, mengatakan pergerakan mobil masker berlangsung di wilayah Jawa Barat mulai 2021-8-23-25.

Menurut imam, target pergerakan mobil topeng antara lain tempat-tempat yang dioperasikan oleh pedagang kaki lima (PKL) di Bogor, Cianjur, Chimahi dan Bandung, area memasak, pangkalan ojek, stasiun dan pasar.

Dia mengatakan ada lebih dari 40 titik yang ditargetkan untuk penyaluran masker di Jawa Barat, antara lain pasar Cipanas, Sentra Kuliner Cipanas, terminal Cipanas, kawasan Jalan Cikaret di depan RSUD Cibinong, pasar Cibinong, dan Terminal Cibinong.

Penyaluran masker akan dilakukan di Pasar Bogor, Pasar Gunung Batu, Warung Dua Malam Jumbu, Pasar Antrian Baru, Jalan Melon Raya, Jalan Mintaraja, Pasar Muka, Terminal Muka, Pusat Kuliner Jogro, Ciawi, Pasar Ciawi, Mall Kota Cibinong, Terminal Baranangsiang, Terminal Bubulak, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Pasar Jogro, Warung malam Sudirman, Pasar Cimindi, Jalan Martanegara, Pasar Utama, Terminal Pasir Hayam, Babakan Madang, lewiliang Pasar, dan Terminal Laladon.

Tim jurusan Masker juga akan pindah ke Pasar Kebon Kembang, Pasar Merdeka, Pasar Malam Devpris, Pasar Atas Jalan Baros, Stasiun KAI Baros Cimahi, Stasiun KRL Bogor, Base Camp Oak Utama Ojol, Pasar Malam BTN, Jalan Gandawijaya, Jalan Raden Demang dan Jalan Amir Mahmud.

Imam mengatakan pergerakan mobil topeng selanjutnya akan bergeser ke wilayah Pantura. "Dari Suban sampai perbatasan Breves, Cirebon, Kota Tegaru, Bupati dan Semarang," katanya.

Andre Rahadian, kepala divisi Relawan Satgas Penanganan COVID-19, mengatakan relawan yang terlibat dalam gerakan Mobil Masker akan memberikan penyuluhan kepada masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan.

"Tentunya kita mengedukasi masyarakat untuk menerapkan Protokol kesehatan 3M. Jadi, selain menggunakan masker, kami mendorong masyarakat untuk mencuci tangan, menjauhi keramaian dan menjaga jarak," kata Andre.

Dalam gerakan Mobil Topeng, sedikitnya 20.000 masker dibagikan kepada masyarakat setiap hari. Dalam hal ini, setiap warga negara diberikan 4 masker kain yang dapat dikenakan secara bergantian.

Pergerakan mobil topeng dimulai 2 minggu lalu di wilayah DKI Jakarta, disusul wilayah Bekasi, Tangerang, dan Depok. Gerakan ini juga terjadi di Bali.


# Ingat pesannya Bu, #vaccinedevaccined3m
#Vaksin melindungi kita semua
# Ingat pesannya Bu