Bandung-Polrestabes Bandung telah melakukan kepegawaian untuk memastikan momen libur panjang Idul Adha 2023 di sejumlah titik rawan kemacetan.

Kapolres Bandung Kombes Pol Budi Sartono mengatakan pengamanan dilakukan khususnya pada jalur-jalur wisata. Karena pada libur panjang diprediksi akan ada gelombang wisatawan yang masuk ke kota Bandung dan wilayah Bandung yang lebih luas pada umumnya.

"Kami menyiapkan pengamanan sprin (waran) untuk atraksi, sarana hiburan, jalanan, kami mobilisasi semua. Insyaallah kami akan memberikan rasa aman kepada pengunjung kota Bandung, termasuk untuk keamanan," kata Budi di Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa

Titik di mana Budi kemungkinan besar mengalami ketidakamanan lalu lintas adalah pintu masuk dari Jalan tol Pasteur dan kemudian hutan yang mengarah ke kawasan wisata Lembang. Dia menjelaskan akan mencakup akses ke kota Bandung dari Lanskhajadi dan Jalandago, kemudian Bupati Bandung dan kota Chimahi.

Menurut dia, kepegawaian akan dilakukan mulai Rabu (28/6), saat cuti bersama dimulai. Dalam beberapa operasi pengamanan besar-besaran, biasanya Polrestabes Bandung menyiapkan sekitar 2.000 personel, namun kini bertambah.

"Jumlah personel kami semakin meningkat. Lebih dari biasanya," katanya.

Selain memastikan jalur dan kegiatan terkait pariwisata, menurut dia, polres juga mengamankan tempat ibadah umat Islam di berbagai titik di kota Bandung terkait hari raya Idul Adha.