Cimahi - Vernalyn Subali, desainer merek fashion lokal Elizabeth, memiliki beberapa tips untuk Anda yang sering kali tidak yakin apakah akan membeli tas kulit asli atau tas kulit imitasi.

Salah satu tipsnya adalah untuk menyesuaikan pembelian tas kulit Anda dengan aktivitas yang akan Anda lakukan dengan tas tersebut.

"Misalnya, tas kulit asli harus digunakan untuk acara-acara khusus. Misalnya, dalam perjalanan jauh atau perjalanan wisata. Karena bahannya awet dan tidak terlalu rumit perawatannya seperti kulit PU ," ujar Vernalin yang kami temui di Pabrik Tas Elizabeth, Cimahi, Jawa Barat, Rabu (6/12). Alasan ini juga sejalan dengan ciri umum tas kulit asli, yaitu desainnya yang minimalis namun tetap elegan. Dengan tampilannya yang simpel, tas kulit asli biasanya dapat melengkapi gaya saat penggunanya berdandan ekstra agar terlihat lebih menarik di momen-momen yang berkesan.



Selain itu, Vernalin menyarankan agar pengguna yang mencari tas untuk digunakan sehari-hari untuk membeli tas kulit vegan atau tas kulit imitasi.

Hal ini karena tas kulit vegan dan tas kulit imitasi membutuhkan sirkulasi udara yang baik untuk mempertahankan tekstur dan penampilannya. Selain itu,

biasanya tas kulit vegan tersedia dalam berbagai warna, sehingga pengguna dapat mencari referensi warna yang sesuai dengan karakteristik pakaian sehari-hari.

"Memang, tas kulit PU dan vegan lebih cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Untuk menjaga keawetan tas kulit, Resti Ghita Pribadi, Brand Manager di Elizabeth Bag Store, berbagi tips agar pemilik tas tidak menyimpan tas mereka di lemari tanpa ventilasi yang baik.

"Tas kulit, baik kulit asli maupun kulit imitasi seperti PU atau PVC, tidak boleh disimpan di tempat yang lembab seperti lemari. Kelembaban adalah musuh utama barang-barang berbahan kulit, karena jika terkena kelembaban, tas akan berjamur," ujar wanita yang akrab disapa Gita ini.

Untuk mencegah tas kulit berjamur dan akhirnya kulit terkelupas, pemilik tas kulit harus meletakkan tas mereka di tempat terbuka.


Dengan demikian, bentuk dan tekstur bahan tas dapat dipertahankan.

Jika anggaran memungkinkan, perawatan tambahan dengan mengoleskan lotion khusus, yang bisa dibeli langsung dari gerai tas kulit atau secara online, sangat disarankan.

"Lotion khusus untuk tas kulit bisa dioleskan seminggu sekali untuk menjaga tekstur kulit," kata Gita.