BANDUNG - Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat (Jabar) telah menawarkan sekitar 3.000 tiket gratis untuk sembilan penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang jatuh pada tanggal 7 September 2024. Menurut Kepala Dishub Jabar A Koswara, 3.014 tiket perjalanan antar-jemput gratis didistribusikan untuk semua penerbangan dari tanggal 17-28 September dan untuk penerbangan ke Singapura dari tanggal 28 September hingga 28 Oktober 2024. “Memanfaatkan momentum Hari Perhubungan Nasional ini, Dishub Jabar akan memberikan 3.014 tiket pulang pergi gratis kepada para penumpang untuk semua penerbangan dari dan ke BIJB Kertajati,” kata Koswara di Bandung, Senin. Koswara menjelaskan bahwa untuk mendapatkan tiket gratis ini cukup mudah, warga cukup menunjukkan boarding pass atau tiket reservasi dari/ke BIJB Kertajati, dan kemudian petugas akan memberikannya.

Ia juga menyatakan bahwa dari 3.014 tiket antar-jemput gratis tersebut, beberapa di antaranya, yaitu 1.360 untuk penerbangan Scoot.

Mengkonfirmasi hal ini melalui telepon, Direktur Pengembangan Transportasi Dishub Jabar Dhani Gumelar menjelaskan bahwa ada sembilan biro perjalanan yang terlibat dalam program ini dan tujuannya adalah beberapa kota. “Ada sembilan biro perjalanan, yaitu DAMRI, Bhineka, MS Trans, Budiman, Citytrans, Arnes, Urban, Purwatrans, dan Sobattrans,” kata Dhani. Berdasarkan data yang ia berikan, sembilan kota yang menjadi tujuan dan titik keberangkatan mudik gratis ke BIJB Kertajati adalah Bandung (Bineca, DAMRI, Citytrans, MStrans), Cimahi (Sobatrans), Cirebon (Bineca, Sobatrans), Subang dan Purwatrans (Purwatrans), Subang Purwatrans), Ciamis dan Tasik (Budiman), Jatinangor dan Sumedang (Arnes).

“Untuk pemesanan melalui PO masing-masing. Pemesanan menunjukkan langsung dengan BIJB Kertajati. Syaratnya dengan menunjukkan bukti tiket pesawat/boarding pass dari atau terbang ke BIJB Kertajati”, ujar Dhani.

Sedangkan untuk maskapai Scoot Airlines dikabarkan telah membuka penerbangan dari BIJB Kertajati ke Singapura mulai 28 September 2024.

Dalam rangka peluncuran tersebut, maskapai ini juga menawarkan tiket promo seharga Rp 450.000 yang dapat dipesan mulai 6 Agustus 2024.

Penerbangan Majalenka-Singapura merupakan rute internasional kedua di BIJB Kertajati. Sebelumnya, AirAsia telah memiliki rute internasional dengan rute Majalengka - Kuala Lumpur.